Watashi wa mou hitori ja nai :)

Powered by Blogger.

Monday, December 8, 2014

Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (JLPT) 2014

7 comments :
JLPT 2014/ Nihon go nouryoku shiken 2014

Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (Japanese-Language Proficiency Test/ JLPT) adalah ujian kemampuan bahasa Jepang yang ditujukan untuk orang-orang asing yang belajar bahasa Jepang. JLPT, atau 日本語能力試験 (Nihon-go Nouryoku Shiken) diadakan setahun 2 kali yaitu pada minggu pertama bulan Juli dan Desember. Sejak tahun 2010 JLPT memiliki 5 level (N5 - N1).

Tahun ini JLPT diadakan pada 6 Juli dan 7 Desember. Alhamdulillah saya bisa ikut (untuk pertama kalinya) tanggal 7 Desember 2014, level N5. JLPT kedua tahun ini yang punya nama lengkap 2014年第2回日本語能力試験 (Ni-sen nen dai-ni kai Nihon go nouryoku shiken) wilayah Jogja-Jateng diadakan di beberapa tempat:

  • N1 dan N2 di Pusat Pelatihan Bahasa (PPB) UGM
  • N3 di SMK N 2 Yogyakarta
  • N4 di FIB UGM
  • N5 di MAN 1 Yogyakarta

Ujiannya sendiri dimulai pukul 09.35, dan mungkin karena terlalu semangat saya sudah tiba di MAN 1 pukul 07.30. Tapi ada yang lebih pagi kok dari saya...haha. Karena ujiannya untuk wilayah Jogja-Jateng jadi kemarin pesertanya banyak banget. Di level N5, para peserta di dominasi muka-muka muda sekitar usia SMA-Kuliah.

LJPT yang saya ikuti terbagi dalam 3 sections: Pertama bagian Vocabulary (termasuk vocab dan kanji), Kedua bagian Grammar dan Reading, Ketiga bagian Listening. Tiap selesai 1 section ada jeda istirahat 10 menit.

Kertas jawabannya pun ada 3 macam. Yang merah untuk Vocabulary, yang hijau untuk Grammar dan Reading, yang coklat untuk Listening. Kertasnya HD kayak LJK unas SMP (entah kenapa saya ngerasa LJK unas STM kemaren tipis bgt -_-). Terus model pilihannya juga dihitamkan bukan disilang. Bentuknya juga enggak bulat sempurna kek UN tapi lonjong!

Masing-masing bagian ada 35 soal (kalau enggak salah ingat), terus waktu untuk mengerjakan juga enggak sama. Bagian 1= 25menit, bagian 2= 50menit, bagian 3= 30menit. Masalah soalnya sih kalau kalian rajin belajar InsyaAllah bisa ngerjain kok! Semangat >_ob.

***

Oiya saya enggak tahu dari panitia ada sistem booking atau enggak, tapi kalau mau beli formulir (terutama yang kolektif) mending minta ke panitia kalau uangnya udah ada, dan jangan mepet-mepet. Buat jaga-jaga aja sih.. Soalnya saya beli formulir di h-1 penutupan pendaftaran, ternyata stoknya habis. Panitia memprioritaskan yang udah bayar hlo! Kemarin ada yang mau beli 50-an formulir... ada acara debat sama panitianya juga o_oa kurang tau akhirnya gimana mereka.....ya..karena saya dari jalur mandiri sama panitia disuruh ngisi formulir sementara trus besoknya disalin ke formulir asli. Alhamdulillah masih kebagian ^_^

jlpt nihon go noryoku shiken formulir
Formulir sementara

jlpt nihon go nouryoku shiken guide book
Guide book cover

Formulirnya sepaket sama guide book. Maklum, kalau lagi pertama ikut pasti pusing lihat formulirnya! Untuk beberapa nomor keterangannya juga ada di guide book. Setelah mengisi formulir, calon peserta dapat kartu ujian. Kartunya harus dibawa waktu ujian!

Alhamdulillah ujiannya kemarin lancar! Selesainya juga tepat waktu, pukul 12.40. CMIIW.

kartu ujian jlpt nihon go nouryoku shiken depan
Kartu ujian JLPT (depan)

kartu ujian jlpt nihon go nouryoku shiken belakang
Kartu ujian JLPT (belakang)


Link:
http://en.wikipedia.org/wiki/Japanese-Language_Proficiency_Test
http://sastrajepang.fib.ugm.ac.id/Posting/34

7 comments :

  1. Akhirnya beruntung banget dapet blog yang mengupas abis tentang JLPT :'')
    Aku kan tinggal di Makassar, trus kalau mau beli formnya, berarti aku harus ke Jakarta dong ya, hanya untuk beli formulir? :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ^-^

      eh enggak harus ke Jakarta kok... Minta ke panitia yang dekat Makassar aja, kalau ada. Soalnya setahu saya, misalnya beli formulir di UGM berarti ujiannya ikut regional Jogja-Jateng, enggak bisa ikut yang regional Jakarta. Begitu.. CMIIW.

      Delete
    2. Beli formnya harus di kampus yang ada jurusan sastra jepangnya ya? Atau di kantor konsulat jepang di makassar?

      Delete
    3. enggak semua kampus, cuma bisa ke panitia penyelenggaranya. Coba cek di daftar ini: https://www.jlpt.jp/e/application/overseas_list.html ada CPnya juga kok.

      Delete
    4. iya saya juga lagi di makasssar nih kak Saya mau ikut kursusnya dulu baru tesnya, itu gapapa ya ak kita ikut kurss ditempat yg gak ngadain tes JLPT tapi ada sertifikatnya dan ketika ada tes JLPT yang sah yg diadain 2 kali setahun kita mau ikut lansung daftar bisa gak kak ? dan sya juga mau tanya apa sertifikat JLPT yang kita peroleh dari tes itu ada masa berlakunya atau tidak ?

      Delete
    5. Kalimatmu terlalu panjang, maksudny gmn itu? Kalo les dmn2 bisa deh, yg penting ikut ujiannya kalau lulus nanti dpt sertifikat gitu. Setahu sy berlaku 5 thn, cmiiw :D

      Delete
  2. Ujian N5 ada g batasan umur?kalau buat anak umur 12 thn blh g?krn anak saya sekolah dijepanh selama 3,5 thn

    ReplyDelete