Watashi wa mou hitori ja nai :)

Powered by Blogger.

Friday, November 28, 2014

Menghilangkan Background Putih pada Lineart

No comments :


Konnichiwa!

Hari ini saya mau share tutorial cara menghilangkan background putih pada lineart (biasanya file .jpg). Pengalaman ini saya dapat waktu projek mewarnai gambar di atas :D hehe.


Lineart itu kalau di istilah manga kira-kira 'gambar yang udah ditinta tapi belim diwarnai'. Lineart ada banyak di google, silakan cari :) kalau yang saya pakai di sini lineart original dari saya, hoho. Masih pakai pensil sih, jadi mungkin belum lineart ya namanya... hm.. sketch?

Well, ini kalau kamu pengen langsung copy aja:


Kalau pengen yang HD ini ada di deviantart saya.. boleh langsung didownload: http://yukiyagami222.deviantart.com/art/Anime-Sketch-497029502

Oke sip, lineart.. er.. sketch udah siap~ buka photoshopnya. Di sini saya pakai PS CS3

Buka Photoshop

Tab penting yang dipakai yaitu Layers dan Channels. Karena workspace saya udah custom, kalau tempat kalian belum ada ditambah sendiri ya :D

Selanjutnya tekan ctrl + a untuk menyeleksi seluruh layer Background.

Select Layer Background

Lalu buka tab Channels. Buat chanel baru (secara otomatis akan bernama 'Alpha 1'), kemudian paste (tekan ctrl + v) layer background tadi pada channel baru tersebut.

Buat Channel baru

CTRL + V

Masih di channel Alpha 1, buka Level (Image -> Adjustment -> Levels, atau Ctrl + L). Kemudian atur Input Level dengan 0, 0.44, dan 255 (opsional, bisa kamu tentukan sendiri Input levelnya :) ).

Level

Oiya, selain menggunakan Levels, untuk membuat gambar jadi hitam-putih bisa lewat efek Threshold (Image -> Adjustment -> Threshold). Silakan mau pakai yang mana :D

Setelah itu seleksi semua channel Alpha 1 dengan cara tekan-tahan ctrl sembari klik pada Alpha 1 (bersamaan hlo!). Akan jadi seperti ini:

Select Channel Alpha 1

Jika kalian pakai lineart sketch saya, maka seleksi tersebut harus diinverse dulu (Tekan ctrl + shift + i atau Select -> Inverse). Step ini opsional, karena enggak semua gambar perlu diinverse. (Inverse itu gunanya untuk mebalik seleksi, silakan dicoba sendiri~).

Setelah itu kembali ke tab Layers dan buat layer baru (Layers -> New -> Layers, atau ctrl + shift + n).

Buat layer baru

Lalu isi seleksi. Untuk mengisi ini bisa menggunakan Fill (Edit -> Fill atau ctrl + F5) atau menggunakan Paint Bucket Tool (tekan B). Untuk mengisi warnanya bisa disesuaikan sendiri ya.

Yang terakhir, klik gambar mata pada Layer Background (atau hapus saja Layer Backgroundnya) dan simpan gambarmu dengan format .png.

Final

Yup, selesai!
Bonus:

Bonus

Sumber: http://www.howtogeek.com/113365/how-to-remove-the-background-from-a-drawing-or-lineart/

No comments :

Post a Comment