Watashi wa mou hitori ja nai :)

Powered by Blogger.

Saturday, November 29, 2014

[Review] [Spoiler Alert] Gin no Saji / Silver Spoon Season 1

No comments :

Gin no Saji atau Silver Spoon adalah manga karangan Hiromu Arakawa [Full Metal Alchemist] yang sudah mendapatkan adaptasi anime dan live-action. Versi anime dibuat oleh studio di A-1 Picture [AnoHana, SAO] dengan total 22 episode (2 Season).



PLOT

Bercerita tentang si tokoh utama, Yuugo Hachiken, siswa cerdas dari Sapporo yang masuk sekolah pertanian Yezo / Ouezono di daerah pedalaman Hokkaidou karena ingin jauh dari orang tuanya. Hachiken yang 'orang kota' awalnya memang merasa muak dengan Yezo, tapi berkat teman dan guru di sana ia dapat berubah dan belajar memahami orang lain sedikit demi sedikit.


KARAKTER

Hachiken Yuugo

Main protagonis, si tokoh utama fav ane! Orang yang bertanggung jawab, peka, dan suka menolong orang (atau hewan) lain yang kesusahan. Tipikal pekerja keras dan pemikir. Karena penyayang binatang, Hachiken sering kasihan sama binatang yang dagingnya ia makan (meski akhirnya jadi suka karena memang enak). Dia juga sering kebablasan seperti waktu pertama kali minum susu segar di rumah Mikage:


Hachiken punya masalah sama keluarganya, dia galau karena selama ini cuma berusaha untuk mengikuti apa kata ayahnya. Ya.. semacam tertekan gitu. Tapi di Sekolah Ouezono Hachiken akhirnya bisa 'bebas', menjadi siswa biasa yang belajar dengan senang hati!

Mikage Aki

Heroin di Gin no Saji. Dia cewek aktif penyuka kuda. Cita-citanya adalah bekerja bersama para kuda. Karena satu-satunya pewaris Peternakan Mikage, Aki harus menahan cita-citanya itu. Mikage itu memang keren dan manis waktu menunggang kuda, tapi sayangnya dia itu enggak peka. Meski Hachiken berkali-kali ngasih sinyal ke Mikage, tapi dia sama sekali enggak nangkap! yang dipikirkan Mikage cuma kuda!

Komaba Ichirou

Si ace baseball sekolah Ouezono. Dia teman dekat Hachiken dan teman masa kecil Aki. Keluarga Komaba mempunyai peternakan kecil yang dikelola ibu Komaba dan kedua adik kembar Komaba. Karena dekat sama Aki, Hachiken sering cemburu sama dia!


Aikawa Shinnosuke

Salah satu teman dekat Hachiken juga. Dia anggota Holstein Club dan bercita-cita untuk jadi dokter hewan. Meski banyak rintangan (takut darah) Aikawa adalah salah satu orang yang sering menginspirasi Hachiken.



Tamako Inada

Yang paling disukai Tamako adalah uang! Keluarganya punya peternakan skala besar, dan Tamako berambisi untuk megambil alih usaha peternakan itu dan menjadikannya lebih 'berguna'. Karena punya banyak hewan ternak, Tamako sering bilang ke Hachiken kalau hewan yang terluka sedikit itu harus masuk rumah penjagalan, jadi jangan pernah kasihani mereka yang tentu bertentangan dengan prinsip Hachiken. Tapi meski berbeda pandangan, dia juga teman dekat Hachiken.

Tokiwa Keiji

Calon penerus usaha peternakan unggas keluarganya. Dia sangat sayang sama unggas, tapi buruk di matematika. Setelah diajari Hachiken Tokiwa akhirnya berhasil mendapat nilai matematika dengan 2 digit angka untuk pertama kalinya.



Yoshino Mayumi

Teman Mikage yang ingin menjadi pengusaha keju. Pernah digosipkan melakukan ini dan itu sama Hachiken, padahal cuma salah paham. Yoshino sering pernah mengompas Nakajima-sensei untuk mengambil semua keju.



Hachiken Shingo

Kakak Yuugo yang drop out dari Univ Tokyo. Tipikal pemuda bersemangat, sayang adik, dan datang tak diundang pulang tak diantar.




LOL

Salah satu yang membuat saya betah nonton Gin no Saji selain Hachiken, adalah komedi di anime ini yang bisa bikin guling-guling! Tiap episode ada aja yang lucu, seringnya sih tentang 'apa yang lagi dipikirin Hachiken' dan Sekolah Ouezono yang 'berani beda'.

Hachiken





Club Absurd
Di Ouezono semua siswa wajib ikut klub, ada banyak klub di sana salah satu yang paling absurd adalah Holstein Club: klub para pecinta sapi perah! Mereka sering menyamakan (atau malah melebihkan) sapi seperti manusia


Sekolah Ouezono



Setelah liburan musim panas
Setelah liburan musim panas banyak yang berubah dari para siswa, yang paling menyolok ya si Tamako ini:


Tokiwa juga:



SOUNDTRACK

Well, Gin no Saji punya soundtrack yang asik abis! Kalo biasanya op-ed sering kuskip, entah kenapa enggak sanggup sama anime yang ini! Lagunya bikin kita pengen ikutan nyanyi!

OP: "Kiss you" by Miwa
ED: "Hello Especially" by Sukima Switch


OVERALL

Yup.. kalo menurutku sih, ini anime emang oke banget buat ditonton. Setting yang enggak biasa, lagu mantep, grafik lumayan, info seputar peternakan juga banyak (merawat kuda, merawat babi, proses kelahiran anak sapi, dll). 

Aku sebenarnya tau anime ini waktu baca berita adaptasi live-action, terus karena aku juga ngikuti Full Metal Alchemist jadi penasaran sama karyanya Hiromu Arakawa yang katanya enggak bisa berhenti di 1 genre aja. Ternyata emang bagus! Dan gara-gara ini juga aku jadi pengen naik kuda.

Well, di season ini masalah Hachiken sama keluarganya belum kelar sih, jadi nonton season 2 juga ya >_ob

No comments :

Post a Comment