Minggu, 14 Oktober 2012

Tutorial - Konfigurasi FTP Server Debian 6 -

yoyoyoi minna~ \^o^/ sudah lama gk nge-post.. kali nie ane ngepost ttg tutorial konfigurasi FTP krn tuntutan tugas ^^"a

yosh.. oke.. sebelumnya sy kenalkan dl tokoh utama postingan hari ini.. :D dia adalah FTP --> http://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Transfer_Berkas , http://en.wikipedia.org/wiki/File_Transfer_Protocol
yup.. sekarang udah tau? :D sip langsung aj yook ~

1. sebelum konfigurasi, so pasti kita harus nyiapin alat-bahannya.. disini ane pake virtual machine ^^ Debian
    6 yya :D
    oiya, sebelum install pastiin juga PC virtual sama clientnya konek yya d^^b
    utk IP-nya debian ini pake static aj deh :D disetting dulu yya :)
    nano /etc/network/interface


udah diketik kek tulisan diatas? :) oke.. sip dah ^^b

2. truuus... kalo udah yya langsung aj install dulu paketnya :D --> apt-get install proftpd (CD_ROMnya  
    dikonek-in hlo :D )
    trus pilih 'stand alone'  :)
 
3. nah, kalo udah coba buka dari web browsernya client --> ftp://ip_server

   eits.. jgn salah paham sama kotak dilayar itu :D yg disana itu justru nanda'in kalo installannya udah sukses ^^

4. teruuusss... ketikkan ini --> nano /etc/proftpd/proftpd.conf
    nah, cari tuh yg ada tulisan #DefaultRoot... sudah? :D okeh, hapus aja dah pagarnya :  

 

5. Lanjuut...
   tadi pas buka ftp dari client kita harus login kan yya.. nah biar gk usah pake rempong2an login, pake cara  nie:

- buka  nano /etc/proftpd/proftpd.conf, cari yg ada tulisan ... ampe bawah..
- udah ketemu? oke, hapus aja tuh pagernya :D dari baris itu ampe slesai XD
- simpen deh file proftpd.con-nya :D 
  

 6. Terakhir nih.. restart >_<
     service proftpd restart

7. Cek lagi deh :)
8. Gimana? :D tempat ane sukses hlo ^^ hehe
    kripik? saran? langsung aja ke kolom comment dibawah :D neg mau tanya2 private yya ke email ane :) etsu_inokuma@yahoo.com

oke.. udahan dulu yya ^^ mau nge-post laporan lain nih ^^ terimakasih udh berkunjung~ :D
jya.. baibai~ ^o^/

Share This :

0 komentar:

Poskan Komentar